LKMM & Pengabdian Masyarakat

LKMM & Pengabdian Masyarakat merupakan kegiatan bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa FTI dan  membentuk pribadi mahasiswa yang berkualitas serta berjiwa penuh pengabdian dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masyarakat serta masa depan bangsa dan negara.

 

DISKRIPSI KONDISI DARI DUSUN PATEN, KECAMATAN MAGELANG

Dusun Paten Kecamatan Magelang,   tepat 6 km dari gunung merapi ini merupakan  lokasi yang sudah ditunjuk untuk kegiatan LKMM yang berbasiskan Bakti Sosial. Jarak tempuh yang dilalui dari Semarang untuk sampai ke lokasi kurang  lebih  2-3  jam  perjalanan.  Dusun  Paten memiliki  kurang  lebih  187.

KK(Kepala  Keluarga)  yang  menempati kurang  lebih  158  rumah.  Dari Dusun Paten ini kita dapat melihat kemegahan gunung Merapi hloo. Dusun Paten memiliki 2 SD dan 1 SMP, 1 perpustakaan, 1 Puskesmas Pembantu. Di sana alat elektronik seperti hp jarang digunakan, jaringan internet juga belum ada di sana, jadi kebiasaan  anak sana yang ingin mengetahui dunia yang lebih modern dengan merantau keluar dari dusun.

Di Dusun Paten ini mayoritas masyarakatnya adalah beragama Islam dan dibuktikan dengan sebagian besar masyarakat sana membudayakan shalat berjamaah di masjid Dusun. Selain budaya shalat berjamaah masyarakat , kegiatan pengajian rutinpun sudah menjadi hal yang biasa di Dusun ini. Dari segi ekonomisnya,   masyarakat Dusun Paten hampir 99,9% adalah bercocok tanam, tetapi bercocok tanam sayuran bukan padi, lalu hasil bumi mereka, mereka jual di pasar tradisonal tidak jauh dari lokasi. Selain bercocok tanam, ada pula sebagian kecil masayarakat sana adalah seorang ternak sapi dan ternak ikan, itupun cuma sebagai sampingan di rumah.

Dusun Paten juga memiliki aneka ragam budaya salah satunya adalah tari topeng ireng dan jathilan yang khas diiringi suara gamelan jawa oleh masyarakat sana. Budaya di sana sangat kenthal sekali yang ditunjukkan dengan adanya pelatihan sanggar untuk melestarikan budaya mereka tetap hidup sampai anak cucu mereka.

Leave a Comment

free vector